Iklan Banner

Dinas Kesehatan Lampung Selatan Raih Juara Ketiga Gerakan Optimalisasi Penemuan Kasus TBC Tingkat Nasional

Redaksi
Kamis, 04 Agustus 2022

Baca Juga


HANGGUMPOST.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan berhasil meraih juara ketiga kategori Gerakan Optimalisasi Penemuan Kasus Tuberkulosis (TBC) tingkat nasional.


Penghargaan itu diberikan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI pada rangkaian kegiatan Hari Tuberculosis Sedunia (HTBS) periode 1 Maret – 30 Juni 2022 yang berlangsung di Episode Gading Serpong Hotel, Kecamatan Serpong, Kabupaten Tanggerang, Banten, Selasa (2/8/2022).


Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan Joniyansah mengatakan, penghargaan dibidang kesehatan yang diberikan oleh Ditjen P2P itu merupakan bentuk apresiasi yang diberikan oleh pemerintah pusat atas capaian kinerja yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan.


Joniyansah menyebut, juara ketiga Gerakan Optimalisasi Penemuan Kasus Tuberkolosis (TBC) tingkat nasional bisa diraih Lampung Selatan berkat keterlibatan PKK di seluruh desa.


“Berbagai upaya telah kita lakukan seperti Gardu Elit’s (Gerakan Terpadu Eliminasi Tuberculosis dan Stunting). Dimana program ini dicanangkan Hj. Winarni Nanang Ermanto, selaku ketua Tim Penggerak PKK,” kata Joniyansah, Rabu (3/8/2022).


Lebih lanjut Joniyansah menyampaikan, kegiatan lain yang telah dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan seperti investigasi kontak penderita TB, pemeriksaan terduga TB di Lapas Kelas IIA Kalianda, Pondok Pesantren dan sejumlah fasilitas kesehatan lainnya.


“Pada rangkaian peringatan Hari Tuberculosis Sedunia (HTBS) salah satu kegiatan yang dinilai oleh Kementerian Kesehatan adalah Optimalisasi Penemuan Kasus TBC, dengan fasilitas kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta,” tutur Joniyansah. 


Atas raihan itu, Joniyansah menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada seluruh petugas kesehatan dan mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak. Dirinya juga berharap, prestasi yang telah diraih tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan.


“Saya sampaikan ucapkan terima kasih atas kerja sama dan kerja keras yang dilakukan seluruh pihak terkait, terutama para petugas kesehatan. Saya berharap prestasi ini bisa ditingkatkan agar lebih baik lagi,” ucap Joniyansah.


Untuk diketahui Lampung Selatan meraih Juara III tingkat Nasional, Kategori  Optimalisasi Penemuan Kasus TBC periode 1 Maret-30 Juni 2022.


Sementara, untuk juara I diraih oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Provinsi Papua, diikuti Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta dengan juara ke II. (Rls/*) 


Apa Reaksi Anda?
Suka
Sangat Suka
Lucu
Terkejut
Sedih
Marah

Rekomendasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar