Iklan Banner

BAZNAS Lampung Selatan Salurkan 17 Ton Beras Zakat Fitrah Ke-17 Kecamatan

Redaksi
Senin, 17 April 2023

Baca Juga


HANGGUMPOST.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Lampung Selatan melaunching pendistribusian zakat fitrah yang berlangsung dihalaman Masjid Agung Kalianda, Senin (17/04/2023).


Sebanyak 17 ton beras yang nantinya akan dibagikan kepada Mustahiq (penerima zakat) se-Kabupaten Lampung Selatan.  Pada kesempatan itu, Ketua Baznas Lampung Selatan A. Mukhlisin menyampaikan, tugas dari Baznas disini yaitu, menghimpun dan mengelola zakat fitrah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, hampir 100% ASN di Lampung Selatan sudah melaksanakan zakat fitrah melalui Baznas.



"Zakat fitrah yang sudah masuk di Baznas  hampir 100%.  Ini ada 17 ton beras yang akan kita sebar di 17 kecamatan se-Lampung Selatan," ujar A. Mukhlisin.


"Kita belanja 17 ton beras dengan harga 221 juta. Terhitung hari ini senin Tanggal 17 april jam 08.00 WIB pagi ini baru ada dana masuk yang zakat fitrah sebanyak 171 juta. Jadi baznas ini masih  cari dana talangan sekitar 50 juta. Artinya untuk zakat fitrah para ASN ini blm semua menyalurkan zakat fitrahnya melalui Baznas, atau memang blm berzakat, kami masih menunggu sampai hari ini dan besok mudah-mudahan 100  persen ASN sudah membayar," kata Mukhlisin.



"Tapi apapun bentuk nya kami ucapkan trimakasih kepada Pemerintah Daerah kususnya Bapak Bupati atas dukunganya selama ini. Mudah mudahan kedepan BAZNAS Lampung Selatan benar-benar bisa lebih baik lagi. Bantuan untuk setiap kecamatan kisarannya berbeda-beda, itu dilihat dari seberapa banyak Mustahiq dan desa yang ada di kecamatan tersebut," ujarnya," tambah Ketua Baznas.


Mewakili Bupati Lampung Selatan, Pelaksana tugas (Plt) Staf Ahli Bidang Keuangan Setdakab. Lampung Selatan, Syamsiah mengatakan,  Baznas Lampung Selatan  merupakan salah satu lembaga yang memiliki peran yang sangat penting dalam hal menghimpun dan menyalurkan zakat, infak dan sedekah (ZIS). 



Untuk itu, Pemkab Lampung Selatan  senantiasa memberikan dukungan dan  menghimbau kepada seluruh masyarakat serta ASN untuk dapat menyalurkan Zakat, Infak dan Sodakohnya melalui Baznas.


"Dimana salah satu upaya yang telah dilakukan untuk mengoptimalisasi pengumpulan dana zakat tersebut yakni melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang tersebar di setiap instansi," kata Syamsiah.


Syamsiah menginstruksikan, kepada instansi terkait yang bertanggung jawab langsung atas penyaluran zakat fitrah ini, agar senantiasa mengawasi dan memastikan bahwa penyalurannya berjalan tepat waktu, dan tepat sasaran.



"Berikan zakat fitrah ini kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan berhak menerimanya sesuai dengan ketentuan dalam syariat Islam.  Tentunya sama-sama kita berdoa  semoga dengan zakat fitrah yang telah kita berikan ini dapat sempurnakan ibadah  dan senantiasa memberikan kesehatan serta kesejahteraan bagi seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, tutupnya. (Nsy/*)


Apa Reaksi Anda?
Suka
Sangat Suka
Lucu
Terkejut
Sedih
Marah

Rekomendasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar