Iklan Banner

Masjid Jami' Baitunnur Way Lubuk Sembelih 5 Sapi Dan 3 Kambing

Redaksi
Sabtu, 01 Agustus 2020

Baca Juga



HANGGUMPOST.ID – Tradisi arisan hewan qurban jama’ah Masjid Jami’ Baitunnur Sukajaya, Kelurahan Way Lubuk, Kecamatan Kalianda, hingga kini masih terus dipertahankan.

Penyembelihan hewan qurban, Hari Idul Adha 1441 Hijriah tahun ini, Sabtu (1/8/2020). Sebanyak lima ekor sapi dan tiga ekor kambing disembelih dan dibagikan kepada 500 warga sekitar.

Penanggungjawab penyembelihan hewan qurban Masjid Jami’ Baitunnur, H. Wahyudi, S.Ag mengatakan, penyembelihan hewan qurban melibatkan 60 orang panitia.

“Untuk tahun ini ada penurunan penyembelihan hewan qurban. Mungkin ini dampak dari Covid-19 sehingga hanya menyembelih lima ekor sapi dan tiga ekor kambing,” kata Wahyudi

Wahyudi menambahkan, dilaksanakan penyembelihan hari ini dikarenakan saat Idul Adha kemarin pada hari Jum’at dan waktunya sangat mepet. Namun hal tersebut tidak menyalahi aturan dari waktu penyembeliharan hewan qurban.

“Harusnya kemarin dipotongnya. Karena takut buru-buru Shalat Jum’at ya kita undur hari ini,” imbuhnya.

Tokoh masyarakat Sukajaya, Drs. H.A. Kholil mengaku, arisan hewan qurban sudah lama dilakukan warga lingkungan Sukajaya. Hal tersebut sangat meringankan warga dan bisa mempererat tali silaturahmi.

“Tradisi seperti ini patut dipertahankan dan sangat meringankan mereka yang mau berqurban,” ujar Kholil yang juga Kepala Bagian Bina Mental Spiritual Setdakab Lamsel.

Plt. Lurah Way Lubuk, Yan Fauzi, SH mengaku sangat senang dengan terselenggaranya pemotongan hewan qurban di Masjid Jami’ Baitunnur. Ia sangat mendukung kegiatan arisan qurban yang telah lama digagas warganya.

“Ini bentuk kerukunan warga dalam melaksanakan arisan qurban. Harapan saya ini terus dipertahankan,” kata Yan Fauzi (APS)


Apa Reaksi Anda?
Suka
Sangat Suka
Lucu
Terkejut
Sedih
Marah

Rekomendasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar