Iklan Banner

Gelar Manasik Haji Perdana, Bupati Apresiasi Kemenag Lampung Selatan

Redaksi
Senin, 23 Mei 2022

Baca Juga


HANGGUMPOST.ID – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Selatan kembali menggelar pembinaan dan bimbingan manasik haji bagi calon jemaah haji reguler tahun 1443 Hijriah. Manasik haji itu sempat tertunda akibat pandemi COVID-19. 


Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto digelar di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Lampung Selatan, pada Senin (23/05/2022).


Hadir Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lampung Selatan H. Ashari beserta jajaran. Selain itu, kegiatan manasik haji diikuti sebanyak 220 orang calon jemaah haji.


Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lampung Selatan H. Ashari menyampaikan, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 405 Tahun 2022 tentang Kuota Haji Indonesia Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi, terdapat sebanyak 100.051 jemaah yang akan diberangkatkan. 


Dari jumlah itu, terdiri dari jemaah reguler 92.825 dan jemaah haji khusus 7.226 jemaah. Sedangkan kuota haji untuk Provinsi Lampung sebanyak 3.198.


“Untuk Lampung Selatan pada tahun 2019, ada 2 orang yang mengundurkan diri dari kuota yang ditetapkan. Kuota cadangan yang disiapkan 32 orang dan masuk cadangan itu 3 orang. Jadi jumlah total ada 220 calon jemaah haji Lampung Selatan,” terang Ashari.


Ashari menambahkan, pelaksanaan bimbingan manasik haji itu akan dilaksanakan pada tingkat kabupaten yaitu sebanyak 2 kali dan pada tingkat kecamatan sebanyak 4 kali.


Adapun, kegiatan manasik haji itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada calon jemaah haji tentang ilmu manasik haji dengan harapan jemaah haji menguasai tata cara pelaksanaan ibadah haji sehingga mendapatkan predikat haji yang mabrur.


“Kita ini tamu di tempat yang belum pernah kita kunjungi, sehingga bagaimana pelaksanaan haji tahun ini bisa sukses. Baik administrasi, diperjalanan berangkat atau pulang dan sukses dalam pelaksanaan haji tidak hanya sunnah rukun dan wajib haji saja,” kata Ashari.


Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengapresiasi kinerja jajaran Kantor Kemenag Lampung Selatan dan para panitia haji yang terlibat atas pelaksanaan pemberangkatan haji tahun 2022 dan terselenggaranya kegiatan manasik haji tersebut.


“Saya sangat mengapreasisi Kemenag Kabupaten Lampung Selatan. Karena ini pekerjaan yang tidak mudah, penataan yang sudah diprogramkan beberapa tahun lalu yang sempat tertunda pemberangkatannya dan baru dibuka kembali dengan waktu yang terbatas. Sampai tanpa tertunda lagi jemaah haji Lampung yang akan diberangkatkan,” ujar Nanang.



Selain itu, pada kesempatan itu Nanang juga berpesan kepada calon jemaah haji, agar senantiasa menjaga kesehatan, kekhusyuan dalam beribadah serta menjaga nama baik daerah Lampung Selatan selama menjalankan ibadah haji di tanah suci.


“Pentingnya manasik haji supaya para Jemaah benar-benar bisa menjalankan ibadah ini secara sungguh-sungguh dan tidak ada kesalahan. Manfaatkan waktu untuk pembinaan manasik haji pada hari ini dan seturusnya sebagai bekal,” pungkas Nanang. (Rls/kmf/*) 


Apa Reaksi Anda?
Suka
Sangat Suka
Lucu
Terkejut
Sedih
Marah

Rekomendasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar