Iklan Banner

Apel Siaga Pemilu 1 Tahun, Menuju Pemilihan Umum Tahun 2024 Dan Launching Aplikasi Jarimu Awasi Pemilu

Redaksi
Rabu, 15 Februari 2023

Baca Juga


HANGGUMPOST.ID -- Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan mengadakan apel siaga menyongsong satu tahun pemungutan suara 14 Februari 2024 di halaman Kantor Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan Jl. Stadion Jati Rukun Kelurahan Way Lubuk Kecamatan Kalianda pada Selasa, 14/02/23.


Menjelang pelaksanaan pemilu serantak tahun 2024 berbagai persiapan dan kegiatan antisipasi adanya potensi pelanggaran pun digelar. Persiapan yang dimaksud tidak hanya bersifat materil dan sarana atau prasarana, tetapi persiapan dan kesiapan masyarakat dalam menjaga dan ikut berpartisipasi dalam mewujudkan demokrasi.



Salah satu persiapan yang dilakukan adalah deklarasi kampanye yang damai. Tahapan kampanye sebagai ajang untuk mengenalkan calon dan penyampaian visi misi tidak disalah gunakan untuk saling menghasut dan menimbulkan perpecahan.


Menjadi hal penting dengan adanya deklarasi ini untuk bersama-sama dengan masyarakat menjaga situasi tetap kondusif. Bahwa dengan adanya deklarasi ini mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menjaga nilai-nilai kerukunan, kebersamaan dan persatuan. Demokrasi sebagai bentuk kebebasan yang dilindungi Undang-Undang harus dikawal agar sesuai tujuan dan harapan.



Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Ahmad Sahlan. Beliau menyampaikan bahwa sebagai elemen anak bangsa harus memiliki rasa tanggungjawab terhadap terwujudnya demokrasi, sebagai elemen penentu masyrakat memiliki peran strategis sebagai agen kontrol.

 

“Kita sebagai elemen anak bangsa harus memiliki rasa tanggungjawab dan kepedulian terhadap terwujudnya demokrasi di negeri ini, karena masyarakatlah penentu arah demokrasi memiliki peran strategis tidak hanya sebagai pelaku tapi juga sebagai agen kontrol demokrasi”. Katanya.


Adapun isi deklarasi Apel siaga Pemilu 1 Tahun menuju Pemilihan Umum tahun 2024 dan Lounching aplikasi jarimu awasi Pemilu adalah; kami segenap elemen anak bangsa berikrar : 1. Mewujudkan Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil; 2. Berkomitmen mendukung Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, ujaran kebencian, politisasi SARA dan politik uang.



Pada kesempatan deklarasi kali ini di hadiri Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan, Koordinator Sekretariat, Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa.


Selain itu, hadir juga sebagai undangan yaitu Kesbangpol Lampung Selatan, Ketua KPU Kabupaten Lampung Selatan dari unsur OKP perwakilan dari HMI Cabang Kalianda, Pimpinan Cabang IMM Lampung Selatan dan Pengurus Cabang PMII Lampung Selatan.

 

Apel siaga Pemilu 1 Tahun menuju Pemilihan Umum tahun 2024 dan Lounching aplikasi jarimu awasi Pemilu di tandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Ketua dan Anggota Bawaslu, Koordinator Sekretariat serta tamu undangan.(hir/rls)


Apa Reaksi Anda?
Suka
Sangat Suka
Lucu
Terkejut
Sedih
Marah

Rekomendasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar